Senin, 20 Desember 2010

Ringkasan Manajemen Operasi

Manajer => keputusan, fungsi operasi, system
Masukan => mineral, energy, tenaga kerja, modal, Informasi
5 tanggung jawab keputusan dalam operasi
1. Proses : termasuk fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi
2. Kapasitas : untuk menghasilkan jumlah yang telah ditentukan
3. Sediaan : menyangkut apa yang dipesan
4. Tenaga kerjaan : keputusan ini menyangkut rekrut, seleksi, PHK, pelatihan supervise, kompensasi
5. Mutu : bertanggung jawab atas mutu barang atau jasa yang dihasilkan

Strategi operasi barang dan jasa
strategi : rancang reorhanisasi untuk mencapai misi
pendapat Michael porther perusahaan mencapai misi dalam 3 cara yaitu:
1. Diferensiasi : lebih baik/berbeda
2. Kepeloporan biaya : lebih murah
3. Respon yang cepat : lebih cepat
Dalam ke3 konsep ini sering diterjemahkan menjadi 6 strategi yaitu
Flexibel Likuiditas
Harga rendah Layanan purna jadi
Pengiriman Lini produk yang luas

10 keputusan untuk menjalani misi dn menerapkan:
Mutu Manusia dan system kerja
Desain barang dan jasa Manajemen dan rental pemasokan
Desain proses dan kapasitas Persediaan
Selekssi lokasi Penjadwalan
Desain tata letak Pemeliharaan
Implementasi keputusan tersebut dipengaruhi oleh berbagai isu termasuk bauran produk, atau barang dan jasa.

Riset
hasil yang didapat dengan ukuran keberhasilan “ROI” yang tinggi yang mempengaruhi mempemgaruhi Manajemen Operasi strategi adalah:
a. Mutu produl yang tinggi
b. Pemanfaatan kapasitas yang tinggi
c. Efektifitas operasi yang tinggi (ralatif terhadap persaingan)
d. Identitas Investasi yang rendah (modal yang dibutuhan untuk menghasilkan penjualan)
e. Biaya langsung atau unit yang rendah (relatif persaingan)

Prakondisi
a. Kondisi ekonomi Dan teknologi
b. Permintaan kompetitif : identifikasi persaingan kekuatan dan kelemahan ,ereka sendiri
c. Mengetahui strategi persaingan
d. Daur hidup produk yang menunjukan akan seperi apa strategi operasi nanti

Dinamika strategi berubah karena perubahan dalam organisasi dan lngkungan

Tugas Manajer Opersai, 3 tahap :
1. Megembangakan strategi
2. Mengelompokan aktifitas kedalam struktur organisasi
3. Mengisinya dengan personil yang akan melaksanakan pekerjaan

Menerapkan strategi Manajemen Operasi yang akan meningkatkan produktifitas sistem informasi dan memberikan keunggulan bersaing.
Penerapan Strategi
1. Analisis lingkungan
Mengidentifikasi tantangan, peluang, kelemahan. Kekuatan, memahami lingkungan pelanggan , industry dan pesaing
2. Menentukan misi perusahaan
Menyatakan keberadaan latar belakang perusahaan dan mengidentfikasi nilai yang diciptakan
3. Membentuk strategi
Membangun keunggulan kompetitif seperti harga rendah, flexibelitas, desain atau volume
4. Menerapkan strategi utama dan membentuk strategi bidang fungsional seperti pemasaran, keuangan/akuntansi, produk/operasi


Manajemen Persediaan
Persediaan adalah barang atau bahan yang disimpan yang akan digunakan untuk memnuhi tujuan tertentu misalnya proses produk atau oerakitan dijual kembali dannuntuk suku cadang dari satu paralatan atau mesin
Jenis persediaan : bahan mentah, bahan pembantu, barang dalam proses, barang jadi ataupun suku cadang
Sistem pengendalian persediaan
Menentukan dan menjamin terdedianya oersediaan yang tepat dalam kuantitas dan waktu yang tepat
Fungsi persediaan
1. Menghilangkan resiko keterlambatan pengiriman barang yang dibutuhkan perusahaan
2. Mengilangkanresiko jika material yang dipesan tidak baik
3. Menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
4. Untuk menyimpan bahan baku yang dihasilkan secara musiman
5. Mendapatka nkeuntungan dari pembeliaan berdasarkan potongan kuantitas
6. Memberikan pelayanan pada pelanggan dengan tersedianya barang yang diperlukan
Pengelompokan Persediaan
1. Fluctuation stock
Untuk mnjaga terjadinya fluktuasi permintaan dan untuk mengatasi jika terjadi kesalahan atau penyimpanan dan perkiraan penjualan, waktu produksi atau pengiriman barang
2. Anticipation stock
Untuk menghadapi permintaan yang dapat diramalkan
3. Lotsize inventory
Persediaan dalam jumlah besar melebihi kebutuhan saat itu. Untuk mendapatkan quantity discount dan penghematn biaya pengangkutan
4. Pipeline inventory
Persediaan yang yang sedang dalam proses pengiriman dari tempat ketempat barang tersebut akan digunakan yang dapat memiliki waktu beberapa hari atau minggu
Biaya dalam Persediaan
1. Biaya pemasaran (ordering costs, procurenment costs)
Adalah biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan kegiatan pemasaran bahan atau barang, sejak dari pemesanan sampai tersedianya barang digudang
2. Biaya penyimpanan (crying costs, holding costs)
Biaya yang dikeluarkan berkenaan dengan diadakan nya persediaan barang
3. Biaya kekurangan (shortage costs, stock out costs)
Biaya yang timbul sebagai akibat tidak tersedianya barang pada waktu diperlukan
Biaya pesanan meliputi:
1. Biaya administrasi dan penempatan order
2. Biaya pemilikan dan pemasok
3. Biaya pengangkutan dan biaya bongkar muat
4. Biaya penerimaan dan pemeriksaan barang
Biaya pemesanan tidak tergantung dari jumlah yang dipesan tetapi tergantung dari berapa kali pesanan dilakukan
Sedangkan biaya penyimpanan meliputi:
1. Biaya sewa gudang
2. Biaya administrasi pergudangan
3. Biaya gaji pelaksana pergudangan
4. Listrik gudang
5. Modal yang tertanan dalam persediaan
6. Biaya asuransi
7. Biaya kerusakan (kehilangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar