Rabu, 22 Desember 2010

Rangkuman SIM (Sistem Informasi Manajemen)

Data adalah karakteristik yang membedakan antara objek satu dengan objek yang lainnya yang ditandakan dengan symbol-simbol
Informasi adalah kumpulan dari data-data yang telah dikelola dan mempunyai manfaat
Komunikasi adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
Manajemen informasi => jenis-jenis sumber daya
Manajemen mengelola 5 jenis utama sumber daya
1. Manusia
2. Material
3. Mesin
4. Energi
5. Informasi
Empat jenis sumber daya pertama memiliki wujud, disebut sumber daya fisik disebut sumber daya konseptual yang memiliki nilai dari apa yang dimiliknya. Tugas manager adalah mngelola sumber dya agar dta digunakan dengan ara yang paling efektif.
Aktivitas memperoleh informasi, menggunakan sefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut manajemen informasi.
Pada manajemen informasi disebabkan 2 hal
a. Kompleksitas kegiatan bisnis yang meningkat
1. Pengaruh ekonomi internasional : nilai relatif mata uang dari setiap Negara
2. Persaingan dunia : dapat terlihat pada impor dari luar negri
3. Kompeksitas teknologi yang meningkat : yang berhubungan dengan investasi pada teknologi
4. Batas waktu yang singkat
5. Kendala-kendala social : keputusan-keputusan bisnis yang harus didasarkan pada factor-faktor ekonomis
b. Kemampuan computer yang semakin baik
Tingkatan-tingkatan manajemen
1. Tingkatan perencanaan strategis (strategic planning level)
Direktur, wakil direktur, lebih menekankan pada informasi lingkungan memilih informasi dalam bentuk ringkas
2. Tingkatan pengendalian manajemen (managemen control level)
Manajer wilayah direktur produk dan kepala divisi bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan
3. Tingkatan manajemen operasiaonal (operation management level)
Kepala departemen, supervisor, pimpinan proyek bertanggung jawab menyelesaiakan rencana-rencana yang telah ditetapkan dan menganggap info internal paling penting menekankan pada info dalam bentuk rinci.
Area fungsional
area fungsional yang traddisional yaitu pemasaran, manifaktur, keuangan, SDM, jasa informasi
Fungsi manajemen
Manajemen menurut Henri Fayol menyatakan bahwa manajer melaksanakan 5 fungsi-fungsi manajemen:
1. Plan : merencanakan apa yang mereka lakukan
2. Organize : mengorganisasikan untuk mencapai rencana
3. Staff : menyusun staf organisasi dengan sumber daya yang diperlukan
4. Direct : mengarahkan untuk melaksanakan rencana
5. Control : mengendalikan sumber danyanya menjaga agar tetap beroperasi secara optimal
Sedangkan menurut Henry Mintzberg
1. Interpersonal rolles
a) Figure head : melaksanakan fungsi-fungsi sereonial seperti mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas
b) Leader : manajer memeilih hari untuk dengan memperkerjakan dan melatih staff dan mmenyediakan motivasi dan dorongan
c) Liaison : menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit manajer menyelesaikan masalah.
2. Information rolles
a) Monitor : manajer secara tetap mencari informai mengenai kinerja unit
b) Spokesperson : manajer mneruskan informasi yang berharga pada orang lain dilingkungannya.
3. Peran keputusan
a) Enterpeneur : manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit-unit seperti mengubah struktur organisasi
b) Distribunce hedler : manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak terduga seperti devaluasi dolar dinegara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
c) Negotiator : manager mengenal perselisihan baik didalam unitnya maupi\un antara unit dan lingkungannya
d) Resorce allocator : mengendalikan pengeluaran unitnya
CBIS (computer berbasis informasi system)
1. SIA (system informasi akuntasi)
2. SIM (system informasi manajemen)
3. DSS (decision support system)
4. OA (office automation)
5. ES (expert system)
Salah satu tujuan CBIS adalah untuk member dukungan pada manajer dalam mengontrol area operasinya
DBMS (batabase management system) adalah kumpulan program-program yang mengkordinasikan semua kegiatan yang yang berhubungan dengan basis data atau DBMS adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur dengan mengontrol dari basis ke basis data sebuah program yang berinteraksi dengan basis data.
Komponen DBMS :
1. Query proesor 4. DML procsor
2. Database manager 5. DDL compiler
3. File manager 6. Dictionary manager
Arsitektur multi pengguna
a. Teleprocessing
b. File – server
c. Client server
Basis data adalah kumpulan dari data yang besar dimana dapat digunakan secara simultan oleh banyak departemen dan pengguna
Komponen basis data
a) data
b) perangkat keras : perangkat computer yang dignakan untuk pengelolaan system basis data
c) perangkat lunak : penghubungan antara basis data dengan pemakaicontohnya seperti DBMS
d) pemakai : system enginer dan data base administrator (DBA)
enginer yang bertanggung jawab atas pemasangan system basis data
DBA mempunyai tugas untuk mengontrol system basis data keseluruhan
Programmer dan pemakai akhir
Penerapan basis data dapat dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu :
1. Pendekatan dengan menggunakan pemrosesan file yang merupakan pendekatan manajemen tradisional
2. Pemrosesan basis data yang merupakan perkembangan dari pendekatan yang pertama
Beikut ini adalah istilah –istilah yang digunakan pada basis data
a. Enterprise : suatu bentuk organisasi seperti, BANK, UNIVERSITAS, RS, PABRIK dsb
b. Entity (entitas) : suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan contoh entitas dalam lingkungan BANK : nasabah, simpanan, hipotik.
Entitas dalam lingkungan pabrik trdiri dari : supplier, part shipment
c. Atribut : karakteristik dari entitas tsb contoh antitas nasabah atributnya terdiri dari kode nasabah, nama nasabah, alamat nasabah.
d. Nilai data : data info yang tercakup dalam setiap elemen data : nama nasabah
e. Kunci elemen data : pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Contoh entitas nasabah mempunyai atribut kode nasabah, nama nasabah, alamat nasabah dsb.
Keuntungan basis data
a. Terkontrolnya kerangkapan data
b. Terpeliharanya keselarasan
c. Data dapat dipakai secara bersamaan
d. Keamanan data terjamin
e. Terpelihara intehritas data
f. Terpeliharanya keseimbangn
g. Data independent
Kerugian basis data
a. Tempat penyimpanan data digunakan besar
b. Dibutuhkan tenaga yang terampil dalam mengelola data
c. Softare (perangkat lunak)nya mahal
d. Kerusakannya dapat mempenaruhi departemen lain yang terkait
Arsitektur basis data
a. Tingkat eksternal : cara pandang pengguna terhadap basis data. Tingkat ini menggambarkn bagian basis data yang relevan bagi seorang pengguna tertentu
b. Tingkat konseptual : kumpulan cara pandang terhadap basis data. Pada tingkat ini menggambarkan dat yang disimpan dalam basis data
c. Tingkat internal : perwujudan basis dta dalam komputer
Jenis – jenis table/data
1. Data master : data yang relative tidak pernah berubah –ubah
2. Data transaksi : dalam kondisi tertentu dia selalu berubah
3. Referensi : yang perubahannya hanya kepentingan sesaat
4. History : table yang berisi data – data yang lalu

Fungsi E-comerce
Bagi konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi pengelola bisnis : efisiensi terhadap kesalahan, tepat waktu
Bagi manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar